Information

Strategi Untuk Meningkatkan Ekspor Indonesia

Apa itu Ekspor?

Ekspor pada dasarnya hanya memindahkan barang dari satu negara ke negara lainnya yang berbeda teritorial secara hukum Internasional. Arti sederhananya adalah ketika sahabat UKM membawa sesuatu ke luar wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia maka itu adalah ekspor.

Kaidah atau ketentuan hukum yang berdasarkan Undang-Undang kembali kepada Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 13 tahun 2012, tentang Ketentuan Umum bidang Ekspor, dijelaskan bahwa Ekspor adalah kegiatan mengeluarkan barang dari daerah pabean.

Kita akan membahas lima poin utama perihal strategi peningkatan ekspor Indonesia. Kelima poin berikut ini adalah hasil dari Kajian CEDS UNPAD & BAPPENAS bersama beberapa pelaku usaha pada akhir 2019 lalu.

  1. Memperluas Pasar Ekspor ke Pasar Non-Tradisional
  2. Menggiatkan Ekspor Jasa
  3. Mengikuti Program Misi Dagang dan Pameran
  4. Refocusing Produk dari Bahan Mentah ke Produk Olahan Setengah Jadi dan Produk Jadi
  5. Mengoptimalkan Free Trade Agreement (Perjanjian Perdagangan Bebas)

Leave a Reply

Your email address will not be published.