Information

Standar Pelabelan Ekspor pada Produk Tekstil

Setiap produk tekstil yang diekspor wajib memenuhi ketentuan regulasi yang berlaku pada negara tujuan. Umumnya, pelabelan pada tekstil lebih berfokus pada bagaimana konten dan komposisi fibre (serat) serta apakah ada komponen yang berasal dari hewan.

Standar konten pelabelan yang berlaku untuk ekspor produk tekstil berbeda-beda tergantung pada jenis produk dan negara tujuannya. Berikut ini adalah hal-hal yang biasanya penting tercantum pada pelabelan produk tekstil, terutama pada negara-negara maju.

- Jenis fibre: Menginformasikan jenis bahan tekstil yang dipakai dalam produksi, misalnya katun. Cek bagaimana ketentuan istilah jenis bahan tekstil pada masing-masing negara tujuan.
- Komposisi fibre: Mendeskripsikan komposisi jenis fibre. Misalnya jika hanya memakai satu jenis fibre, maka ditulis “100%”, “pure”, atau “all”. Di sisi lain, jika memakai lebih dari satu jenis fibre, maka ditulis berapa besar komposisi pada masing-masing jenis fibre dari total berat produk, misalnya “70%”. Namun, biasanya jika jenis fibre yang komposisinya di bawah 30% tidak wajib untuk dicantumkan.
- Instruksi: Segala instruksi harus dicantumkan yang terkait pada caring (perawatan), washing (pencucian), drying (pengeringan), ironing (penyetrikaan), dan/atau dry-cleaning. Ini juga termasuk pada instruksi spesifik (misal “dry flat”, “cool iron”, “dry-clean only”) serta instruksi pelarangan (misal “do not iron”, “do not tumble dry”)
- Logo Sertifikasi: Ini penting untuk dicantumkan untuk meningkatkan kepercayaan konsumen akhir untuk membelinya. Pastikan, logo yang dicantumkan sudah sesuai dengan regulasi.

Informasi yang tercantum haruslah memakai bahasa utama yang digunakan negara tujuan ekspor. Untuk instruksi sebaiknya tercantum sesuai dengan regulasi, bersifat permanen di produk, dan tidak mudah rusak. Selain konten penting di atas, pelabelan dapat dicantumkan secara tidak permanen pada produk dan kemasan sehingga bisa dibuang oleh konsumen.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.