Information

Informasi Standar Pelabelan Ekspor

Cara Mengetahui Informasi Standar Pelabelan

Proses riset informasi pada pelabelan sangat penting untuk bisa menembus pasar ekspor. Pastikan untuk mengumpulkan informasi ini lebih dari satu sumber. Berikut adalah beberapa sumber informasi yang direkomendasikan.

- Pembeli/Importir: Ini adalah sumber informasi paling cepat dan tepat untuk mendapatkan informasi ini. Apalagi, terdapat standar yang berlaku spesifik di masing-masing pembeli/importir. Namun sayangnya biasanya pembeli/importir terkadang tidak tahu semua regulasi yang berlaku.
- Forwarder: Mereka paham mengenai standar pelabelan yang berlaku di negara tujuan ekspor sehingga kita bisa berkonsultasi dengannya, terutama standar pada pengiriman ekspor. . Kecuali untuk standar spesifik dari pembeli/importir, kita yang harus lebih mengetahuinya.
- Situs Pemerintah Negara Tujuan: Ini adalah sumber terbaik untuk mengetahui standar pelabelan di negara tujuan ekspor. Contohnya adalah situs bea cukai dan lembaga terkait seperti Kementerian Pertanian.
- ITC Market Access Map: Disini memiliki informasi standar yang berlaku pada setiap negara dan setiap produk. Namun untuk lebih spesifiknya, sebaiknya ditanyakan juga pihak-pihak di atas.

Itulah pembahasan tentang penerapan pelabelan di pasar ekspor. Semoga penerapan pelabelan yang sesuai standar ekspor mampu meningkatkan daya saing produk teman-teman UKM. Jika masih kesulitan, jangan ragu untuk memanfaatkan Ekosistem Pendukung UKM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.