Information

Fungsi Kemasan Ekspor

Fungsi Kemasan Ekspor

Kemasan yang baik dalam ekspor harus memiliki tiga fungsi utama:

- Memuat Barang: Kemasan harus memuat kuantitas barang tertentu (dari volume, berat, atau jumlah) dengan seefisien mungkin. Disini perlu diperhatikan bentuk dan dimensi kemasan yang mempengaruhi biaya dan kekuatan.
- Melindungi Barang: Kemasan perlu melindungi barang dari faktor bahaya di luar yang menyebabkan kerusakan dan pembusukan barang. Karenanya, suatu kemasan perlu didesain dengan kuat agar produk ekspor kita tetap dalam kondisi sempurna sampai di konsumen akhir.
- Mempromosikan Barang: Kemasan sebaiknya memiliki fungsi marketing bagi produk. Maka dari itu, desain visual dan grafis yang menarik penting bagi kemasan. Dalam hal ini penting untuk kita mencantumkan bagaimana kualitas barang serta bagaimana barang tersebut diproduksi. Sebaiknya kemasan tidak hanya menarik konsumen yang pertama kali membeli, tapi juga bisa menciptakan loyalitas ke konsumen kedepannya.

Itulah tiga fungsi kemasan yang harus dipenuhi untuk melakukan ekspor. Diperlukan riset informasi terhadap suatu produk ekspor kita serta kebutuhan negara tujuan ekspor. Sehingga, riset merupakan hal fundamental ketika kita merencanakan desain kemasan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.