Information

FOB (FREE ON BOARD)

Apa itu FOB dari Definisi?

Pengertian FOB adalah proses penyerahan barang yang sudah disepakati oleh pihak penjual ataupun pembeli dalam proses export dan import. Dalam dunia ekspor dan impor termasuk jasa ekspedisi import, terdapat banyak sekali istilah yang penting untuk dipahami termasuk juga FOB yang merupakan singkatan dari Free on Board.

FOB juga menjadi salah satu sistem pembayaran yang sebelumnya telah disepakati oleh pihak pembeli maupun penjual, misalnya pada perdagangan internasional.

 

Konsep Penting dalam FOB (Free On Board)

Setelah membahas mengenai pengertian FOB, anda perlu mengetahui konsep penting mengenai seller dan buyer dalam FOB juga penting untuk diperhatikan.

Berikut ini adalah konsep penting yang dimaksud :

- Kewajiban dari pihak buyer => dalam FOB, buyer atau pembeli memiliki kewajiban untuk mengurus anggutan, menanggung asuransi, membayar freight, dan juga mengurus kontrak angkutan dalam suatu perdagangan antar negara.

- Kewajiban dari pihak seller => sedangkan seller atau pihak penjual memiliki kewajiban dalam menyerahkan barang sampai ke atas kapan, membuat clean on board receipt, membayar biaya pajak yang diperlukan dan juga menyiapkan izin untuk keperluan ekspor.

Dalam hal ini, seller dan buyer melakukan perannya masing-masing agar tercipta suatu proses perdagangan antar negara yang saling menguntungkan dan aman.

 

Jenis-jenis dari FOB (Free On Board)

Ada dua jenis FOB yang dikenal dalam dunia perdagangan internasional alias ekspor dan import yang berkaitan dengan ongkos kirimnya. Dua jenis yang dimaksud adalah FOB Shipping Point dan juga FOB Destinastion.

Untuk lebih jelasnya, Anda bisa simak penjelasannya di bawah ini.

1. FOB Shipping Point => FOB yang satu ini dilakukan dengan sistem pembayaran yang mana pihak pembeli atau importir menanggung ongkos kirim. Importir juga menanggung segala risiko yang bisa saja terjadi dari pengiriman sampai saat barang mencapai gudang.

2. FOB Destination => selanjutnya adalah FOB Destination dengan syarat ongkos kirimnya ditanggung oleh penjual atau pihak eksportir. Tidak hanya itu, namun tanggungan dari eksportir juga termasuk risiko barang saat berada di perjalanan dan akan berakhir jika barang sudah sampai di tangan importir.

Masing-masing sistem dari FOB di atas, tentu ada kekurangan dan juga kelebihannya. Dalam hal ini, sistem bisa ditetapkan sesuai dengan kebutuhan dan juga kesepakatan dari pihak yang terlibat.

 

Metode Pembayaran Lain Selain FOB (Free On Board)

Selain FOB, ada juga beberapa metode pembayaran lain yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan. Beberapa metode yang dimaksud antara lain adalah sebagai berikut:

  • FCA yang merupakan singkatan dari Free Carrier
  • Ex Works
  • CIF atau Cost Insurance and Freight
  • CFR yang merupakan singkatan dari Cost and Freight
  • FAS atau free Alingside Ship
  • DEQ atau Delivered ex Ship
  • DAF dengan kepanjangannya Delivered at Frontier
  • CPT atau Carriage Paid to
  • DDU yang merupakan singkatan dari Delivery Duty Unpaid
  • DDP atau Delivery Duty Paid
  • Dan jenis sistem pembayaran yang lainnya. Pembayaran bisa disesuaikan dengan kesepakatan antara pihak buyer dan juga seller. Sistem pembayaran, sebaiknya dipilih dan dilakukan dengan saling menguntungkan bagi kedua belah pihak yang terlibat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.