Information

Devisa dan Cadangan Devisa

DEVISA

 

Devisa adalah valas yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran luar negeri dan dapat diterima di dunia internasional yang biasanya berada dalam pengawasan otoritas moneter, yaitu Bank Sentral. Dalam kegiatan perdagangan internasional, misalnya kegiatan ekspor dan impor, diperlukan alat pembayaran yang diakui oleh dunia yang alat pembayaran tersebut menggunakan mata uang kuat (hard currencies).

Dunia mengakui ada delapan mata uang sebagai hard currencies, yaitu Amerika Serikat dengan mata uangnya US Dolar, Jepang-Yen, Inggris-Poundsterling, Prancis-Franc, Switzerland-Franc, Germany-DM (Deutsche Mark), Canada-Dollar, dan European-Euro. Devisa memiliki fungsi yang pada umumnya sama seperti fungsi uang, hanya saja digunakan dalam lingkup transaksi internasional atau antarnegara sebagai pembayaran antarnegara, pertukaran barang dan jasa, mengukur kekayaan, menimbun kekayaan, dan cadangan moneter.

 

CADANGAN DEVISA

 

Cadangan devisa adalah valuta asing atau valas yang dicadangkan bank sentral guna keperluan pembiayaan pada setiap pembangunan. Selain itu, cadangan devisa ini juga berguna dalam pembayaran kewajiban luar negeri. Contohnya ialah pembiayaan impor dan pembiayaan lain yang ditujukan kepada pihak asing.

Cadangan devisa bisa menunjukkan kuat atau lemahnya stabilitas ekonomi suatu negara. Bentuk cadangan devisa ini bisa berupa mata uang asing. Beberapa yang paling sering dipakai ialah dolar Amerika, Euro, Poundsterling, dan Yen Jepang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.